5 CARA MENAIKAN KINERJA PC/LAPTOP DENGAN OPERASI SISTEM WINDOWS 7

Sistem operasi windows 7 adalah sistem yang termasuk sudah kemakan jaman alias jadul karena windows 7 dirilis pada tahun 2009 lalu. Namun ternyata windows 7 kini masih banyak digunakan oleh sebagaian PC atau laptop karena beberapa software aplikasi cukup stabil dipakai dan masih support pada perangakat PC atau laptop lama. Meskipun begitu, PC atau laptop yang menggunakan windows 7 pasti akan merasakan keluhan menjadi lebih lambat. Tetapi kamu jangan khawatir, ternyata kita masih bisa untuk membuat kinerja laptop dengan operasi windows 7 menjadi lebih cepat. Ingin tahu caranya? Yuk simak ulasannya dibawah ini!


1. Pastikan Spesifikasi PC/Laptop sesuai dengan rekomendasi Windonws 7
Sistem pengoprasian Windows 7 memiliki spesifikasi kebutuhan PC/Laptop yang sesuai dengan spesifikasi PC atau Laptopmu. Kami akan berikan spesifikasi kebutuhan PC untuk Windows 7 menurut informasi resmi dari Microsoft :
  • Processor (x86 untuk versi 32 bit, x86-64/x64 untuk versi 64 bit) dengan kecepatan 1 GHz
  • RAM berkapasitas 1 GB (untuk versi 32 bit) atau 2 GB (untuk versi 64 bit)
  • Penyimpanan berkapasitas 16 GB (untuk versi 32 bit) atau 20 GB (untuk versi 64 bit)
  • Perangkat grafis yang sudah mendukung DirectX 9.0 dan WDDM 1.0
  • Perangkat pendukung seperti koneksi internet, DVD-ROM, USB, dan lain-lain.

Untuk itu sesuaikan rekomendasi yang dari Microsoft berikan dengan PC/Laptopmu agar kinerja laptopmu menjadi lebih stabil.

2. Gunakan SSD
Windonws 7 adalah OS pertama yang support dengan perangkat penyimpanan SSD. Seperti yang kita tahu, SSD merupakan perangkat penyimpanan yang lebih cepat daripada HDD dan membuat kinerja CPU tidak membutuhkan tenaga yang lebih besar sehingga mampu mempercepat kinerja PC/Laptop seperti RAM, Processor dan GPU. Dan juga saat loading dan booting Windows 7 menjadi lebih kencang. Maka dari itu ganti perangkat HDD kamu menjadi SSD agar performa menjadi lebih cepat.

3. Menambahkan Kapasitas RAM
Cara selanjutnya yaitu kamu harus menambahkan kapasitas RAM pada PC/Laptopmu. RAM mampu membuat kinerja PC/Laptopmu menjadi lebih kencang. Jika PC/Laptopmu menggunakan RAM 2GB maka tambahkan menjadi 4GB apalagi untuk bermain game, saat ini game modern membutuhkan minimal RAM sebesar 4GB agar bisa berjalan.

4. Mempercepat booting dengan memanfaatkan semua core CPU
Agar performa operasi sistem Windows 7 berjalan lancar, maka sebaiknya menggunakan processor yang memiliki multicore. Rata-rata PC/Laptop sekarang sudah menggunakan processor dengan beberapa core seperti dual core, quad core dan lainnya. untuk mengaktifkan core processor agar proses booting Windows 7 menjadi lebih kencang gunakan cara berikut :
  • Buka menu Start
  • Ketik msconfig
  • Buka tab Boot
  • Pilih entry Windows 7
  • Klik tombol Advances options
  • Beri tanda centang pada Number of processors
  • Pilih jumlah core terbanyak
  • Klik tombol OK

Dengan cara tersebut membuat kinerja processor kamu menjadi lebih maksimal.

5. Uninstall Program yang tidak dibutuhkan
Cara selanjutnya yaitu uninstall program yang tidak dipakai atau tidak dibutuhkan. Program yang tidak terpakai akan memenuhi kapasitas penyimpanan sehingga berimbas kinerja PC/Laptop kamu menjadi lebih lambat. Maka dari itu Uninstall program yang tidak dipakai dengan cara buka menu Control Panel lalu klik Uninstall Program lalu pilih program yang tidak dipakai setelah itu klik tombol uninstall setelah itu restart PC/Laptop.

Itulah beberapa cara mempercepat kinerja Laptop yang menggunakan operasi windows 7 agar lebih kencang dan optimal. Selamat mencoba !